Micromatic Indonesia - 6 Tips Memilih Mesin Antrian Terbaik

Memilih mesin antrian dapat menjadi permasalahan tersendiri apabila kita sebagai pembeli tidak berhati-hati dalam memilih mesin antrian yang sesuai.

Mesin antrian sendiri adalah suatu sistem yang mengatur proses antrian dari mulai pelanggan datang, sampai akhirnya terlayani. Tentunya proses antrian ini perlu diatur agar tidak merugikan kantor yang menggunakan mesin antrian. Pada artikel sebelumnya, Micromatic Indonesia sudah memberikan informasi mengenai manfaat mesin antrian di: Manfaat Mesin Antrian Bagi Pengunjung dan Perusahaan.

Pada artikel ini, Micromatic akan memberikan tips memilih mesin antrian agar Anda dapat menentukan sistem antrian yang sesuai dengan kebutuhan kantor Anda. Berikut ke enam tips nya:

1. Mengetahui Track Record Perusahaan

Faktor yang paling penting dalam memilih mesin antrian adalah reputasi dan track record dari produsen penyedia mesin antrian tersebut. Kita sebagai pembeli tentu menginginkan pelayanan dan tanggung jawab yang baik dari perusahaan penjual.

Produsen mesin antrian di Indonesia sendiri hanya terdapat beberapa perusahaan. Pastikan Anda memilih produsen sistem antrian yang terpercaya dan memiliki catatan pengalaman yang baik, seperti perusahaan yang sudah lama dibentuk, memiliki jumlah client yang besar, dan portofolio pemasangan di hampir setiap institusi atau perusahaan.

2. Perhatikan Kualitas Perangkat

Kualitas merupakan hal yang perlu diperhatikan setelah kita mengetahui perusahaan-perusahaan dengan track record yang baik. Kita membeli produk yang sebaiknya dapat digunakan dalam periode waktu yang lama. Jangan sampai mesin antrian yang digunakan hanya dapat bertahan selama masa garansi saja.

Anda dapat menanyakan kepada produsen terkait kualitas komponen-komponen dari produk yang Anda beli. Tanyakan juga kualitas perangkat lunaknya, apakah sering terjadi kendala dalam penggunaannya, dapat digunakan di berbagai alat, dan apakah perangkat lunak tersebut memiliki lisensi atau tidak.

3. Tentukan Kebutuhan

Sebelum membeli produk mesin antrian, sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu kebutuhan dari kantor Anda. Sebaiknya sistem antrian yang dipilih tidak melebihi spesifikasi ideal yang dibutuhkan instansi atau perusahaan Anda, dengan tujuan agar tidak ada komponen sistem antrian yang menjadi tidak berguna. Begitu juga sistem antrian yang dipilih tidak kekurangan spesifikasi, agar Anda tidak perlu lagi untuk menambah komponen antrian pada jangka waktu dekat setelah pembelian mesin antrian.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih mesin antrian adalah seperti: jumlah mesin tiket antrian yang akan di pasang, jumlah display antrian, hingga jumlah loket pelayanannya. Pastikan juga lokasi penempatan, dan ukuran seluruh komponen antrian yang akan di pasang.
Untuk mempermudah Anda menentukan kebutuhan sistem antrian, konsultasikan kebutuhan Anda dengan produsen mesin antrian. Karena sudah menjadi hak Anda sebagai pembeli untuk mengetahui segala informasi terkait produk mesin antrian yang ditawarkan.

4. Kemudahan Dalam Penggunaan dan Perawatan

Tips berikutnya adalah memilih sistem antrian yang mudah digunakan baik oleh organisasi secara keseluruhan, maupun mudah untuk digunakan oleh pengunjung. Jangan sampai sistem antrian ini malah memperlambat proses antrian yang sudah ada sebelumnya.

Berikutnya perhatikan kemudahan dalam melakukan perawatan. Bila kita kesulitan dalam melakukan perawatan sendiri, bagaimana bila nantinya terjadi kerusakan, tentunya akan menghambat kegiatan operasional kantor bila Anda terus menerus menelepon produsen untuk melakukan perbaikkan. Selain itu pastikan komponen penggantinya mudah ditemukan dan mudah untuk diganti, seperti kertas tiket yang umum tersedia di toko-toko sekitar Anda.

5. Pelayanan Purna Jual

Faktor berikutnya pastikan pelayanan after sales dari produsen. Biasanya faktor ini dapat terlihat dari kesigapan tim produsen mesin antrian dalam melayani proses pembelian. Apabila dalam proses pelayanan pembelian saja sudah lama dan terkesan tidak professional, bagaimana dengan pelayanan purna jualnya?

Anda dapat menanyakan langsung kepada perusahaan mesin antrian mengenai pelayanan yang diberikan setelah kita membeli sistem antrian.

6. Tampilan Mesin Antrian

Faktor terakhir dari tips ini adalah memilih tampilan mesin antrian yang sesuai dengan karakter instansi atau perusahaan. Terdapat banyak model dan pilihan tampilan mesin antrian. Perhatikan juga ukuran dan warna akhir, jangan sampai ukuran mesin antrian malah mempersempit kantor atau bahkan warna yang dipilih ternyata lebih mirip dengan warna khas instansi atau perusahaan lain, tentunya akan memperburuk citra kita di mata pengunjung.

Meski terlihat sederhana, tetapi mesin antrian ini dapat juga dijadikan sebagai media informasi atau promosi kepada pengunjung kantor. Pada beberapa sistem antrian terdapat fasilitas yang menampilkan iklan atau informasi kepada pengunjung.

Kesimpulan

Luangkan sedikit waktu Anda untuk melakukan beberapa riset sebelum membeli mesin antrian. Tentunya mesin antrian yang dipilih harus menyelesaikan permasalahan antrian di kantor Anda.

Pastikan juga Anda mendapatkan mesin antrian yang sesuai dengan kebutuhan kantor Anda, agar biaya yang dikeluarkan tidak melebihi anggaran yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Apabila Anda membutuhkan konsultasi mengenai mesin antrian yang sesuai dengan kebutuhan instansi atau perusahaan, Anda dapat menghubungi Micromatic Indonesia pada kontak di bawah, atau kunjungi kantor Micromatic di JL. Tubagus Ismail XVI no.7, Bandung.